Seputar kerajaan Majapahit

Kanal-kanal Kota Majapahit

Majapahit Prana. Temuan struktur batu bata yang diduga kuat merupakan jaringan kanal-kanal peninggalan zaman kerajaan Majapahit di Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tentu saja mematahkan pendapat arkeolog Universitas Indonesia  Agus Aris Munandar, yang sebelumnya Agus berpendapat bahwa di kawasan Trowulan tidak ada kanal. 
“Kesimpulan adanya jaringan kanal di daerah Trowulan tidak mantap,” kata Guru Besar Arkeologi Agus Aris Munandar lalu diam sesaat. “Hemat saya.” Pernyataan tersebut disampaikannya dalam pemaparan hasil penelitiannya di Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. “Agaknya tesis lama tentang kemungkinan adanya kanal itu bisa ditinjau kembali.”
Awalnya memang dunia arkeologi Indonesia tidak pernah digegerkan tentang kanal-kanal Majapahit di Trowulan sampai adanya foto udara pada 1973 dan beberapa tahun sesudahnya. Kajian terhadap foto udara itu memperlihatkan jalur-jalur saling berpotongan dan tegak lurus, seluas empat kilometer kali lima kilometer.
Sekitar 30 tahun silam, Karina Arifin meneliti tentang jalur-jalur tersebut untuk skripsinya. Kajian foto udara dan endapan dasar kanal, yang semula diduga sebagai jalan raya oleh Maclaine Pont pada 1924, telah ditafsirkan ulang sebagai kanal-kanal tinggalan Majapahit. Deskripsi tentang kanal-kanal itu juga terekam dalam Rencana Induk Arkeologi Bekas Kota Kerajaan Majapahit Trowulan 1983-85. Anggapan tentang keberadaan kanal itu masih berlaku hingga sekarang.
Menurut Munandar jalur-jalur rendah yang diinterprertasikan sebagai kanal-kanal itu sesungguhnya merupakan lahan permukiman. “Jalur-jalur rendah itu berkaitan dengan bekas jalur permukiman penduduk golongan rakyat jelata Majapahit,” ungkapnya. “Selain sebagai permukiman juga digunakan sebagai jalan dalam kota.”
Jika Majapahit runtuh pada awal abad ke-16, endapan dalam jalur-jalur rendah bekas permukiman jelata itu sudah berlangsung selama lima abad. Dengan demikian, Munandar berpendapat, tidak salah kiranya kalau muncul dugaan kanal-kanal yang berisi air dengan berbagai fungsinya di Kota Majapahit.
Pendapatnya itu berdasarkan tidak adanya deskripsi kanal di sumber-sumber tertulis masa Majapahit seperti Nagarakertagama, Arjunawijaya, Sutasoma, atau karya lain dari kronologi berbeda yang berbicara tentang Majapahit. Selain itu, dirinya juga tidak menemui penggambaran kanal pada relief candi sezaman.
Dia juga menawarkan kemungkinan konsep Triloka (Triangga, dalam masyarakat Bali)—yang diturunkan dari lapisan alam hinduisme—pada bentang alam situs Majapahit. Pertama, lahan permukiman untuk rakyat jelata tergolong pada konsep Bhurloka (nista, paling rendah). Kedua, lahan permukiman untuk kaum bangsawan, pejabat berada pada Bhuarloka (madya). Ketiga, lahan persemayaman raja Majapahit yang diibaratkan dewa yang menjelma ke dunia berada dalam tataran Swarloka (uttama).
Kawasan nista, menurut Munandar, merupakan lahan yang digali memanjang dan lebih rendah dari tanah sekitarnya sebagai permukiman untuk rakyat kebanyakan. Rumah-rumah dibangun dari bahan yang cepat lapuk, sehingga tidak bisa dijumpai pada masa kini. “Lahan permukiman yang memanjang inilah yang salah ditafsirkan sebagai kanal di Kota Majapahit.”
Sementara lahan datar yang letaknya lebih tinggi daripada permukiman memanjang tadi merupakan kawasan madya. dan dihuni oleh penduduk majapahit yang mampu mendirikan permukiman berpagar dinding bata tinggi. “Penggalian bertahun-tahun selama ini hanya dilakukan di tataran madya,” ujarnya.
Munandar melanjutkan, lahan yang membukit kecil di area selatan Trowulan,  yang merupakan daerah Kedaton dan situs Sumur Upas, adalah kawasan utama. Sejauh ini berdasarkan temuan ragam hias pada unsur bangunan, sebagian ahli arkeologi menduga di tempat inilah berdiri istana Majapahit.
Guru Besar Mundardjito, ahli arkeologi senior yang selama 30 tahun lebih telah menyelisik hamparan tanah tinggalan Majapahit di Trowulan, menanggapi paparan tersebut. “Itu tadi adalah hipotesis,” ujarnya. “Semuanya harus dibuktikan di lapangan!”
Menurutnya sejauh ini telah dilakukan berbagai penelitian dari berbagai disiplin ilmu—hidrologi, geografi, geomagnetik, geolistrik—lewat pengeboran di jalur-jalur rendah itu. Simpulannya, “Tidak ada lapisan padat,” ungkapnya. “Tidak ada lapisan batu-batuan atau jalan.”
Kanal-kanal itu kini telah menjelma sebagai area persawahan. Mengapa di dalam kanal ditemukan struktur bangunan? Salah satu penjelasan Mundardjito, melebarnya kanal-kanal itu karena kebutuhan warga akan lahan sawah selama bertahun-tahun.
Tatkala terjadi pelebaran sawah, struktur bangunan di permukaan turut jatuh ke bawah. Penjelasan lainnya, bisa jadi struktur di dalam kanal itu tinggalan periode Majapahit sebelum kanal dibangun.
Berkait tidak adanya informasi kanal-kanal majapahit dalam dokumen kesejarahan sezaman seperti naskah dan relief, Mundardjito berpendapat, “Apa yang ditulis—dalam naskah—pun belum tentu berdasar kenyataan.” Sementara, relief-relief candi memiliki sudut pandang mata kucing berbeda dengan sudut pandang mata burung dalam foto udara.
“Yang belum dilakukan oleh kita adalah ekskavasi kanal,” ungkapnya sembari mengingatkan.“Itulah pekerjaan arkeologi.”
Terlepas dari perbedaan pendapat itu, semua pihak menyadari bahwa kawasan situs Trowulan hingga hari ini rawan penggerusan dan penjarahan.
Majapahit Prana

 “Temuan ini mematahkan pendapat yang mengatakan di Trowulan enggak ada kanal. Saya termasuk orang yang menentang pendapat itu,” kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Aris Soviyani, Selasa, 2 Juni 2015.

Tim arkeolog Universitas Indonesia yang dipimpin Agus pernah berpendapat bahwa di Trowulan tidak ada kanal. Jalur-jalur rendah memanjang saling berpotongan yang terlihat berdasarkan foto udara  dianggap hanya bekas permukiman kasta sudra. Pendapat itu didasarkan pada data arkeologis di lapangan, data dari sejumlah karya sastra, dan konsepsi keagamaan. Namun tak semua arkeolog setuju dengan pendapat ini.

Aris meyakini bahwa masyarakat era Kerajaan Majapahit sudah menerapkan tata ruang dan tata kelola air dengan baik. “Buktinya sudah ditemukan kolam dan saluran air,” kata Aris. Dalam kitab kuno dan sumber literatur lainnya, ujarnya,  disebutkan bahwa terdapat petirtaan (kolam raksasa) yang biasa digunakan oleh kaum bangsawan kerajaan.

Kanal-kanal yang dibangun di era Majapahit diperkirakan merupakan saluran untuk mengalirkan air dari sumbernya  sekaligus sebagai pengendali banjir. “Diperkirakan bukan untuk pengairan sawah, tapi aliran air dari sumber air atau pengendali banjir,” kata arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Nugroho Harjolukito. 

Majapahit Prana

Saat ini tim Balai Pelestarian  sedang meneliti struktur batu bata diduga sebagai kanal itu. Struktur batu bata tersebut berupa dinding kanal atau selokan yang berbelok. Dua dinding membujur ke utara dan selatan sepanjang 3,57 meter dan 2,7 meter, serta dinding mengarah ke barat daya sepanjang 1,4 meter. Kedalaman atau tinggi dinding kanal ini sekitar 45 sentimeter.

Tim arkeolog juga sedang menggali lokasi lain di kebun tebu yang berdekatan dengan lokasi penemuan kanal. “Diperkirakan kanal ini mengarah ke sini (kebun tebu), makanya digali untuk melihat apakah benar ada bagian kanal di tempat ini,” kata Nugroho.

Tag : tata-letak
0 Komentar untuk "Kanal-kanal Kota Majapahit"

Silahkan berkomentar, jaga tata krama dan kesusilaan, jangan menuliskan link hidup pada kotak komentar. Maaf bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda

Back To Top